Recovery Password Cisco Router

Adakalanya ketika kita akan mengakses router Cisco kita tidak tahu atau lupa password enable atau password console. Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan reset perangkat untuk melakukan recovery password.

Disini saya mempunyai router yang saya tidak tahu passwordnya apa (pura2nya. :D). Kalau anda tidak punya router asli boleh pakai emulator GNS3 atau simulator packet tracer.


Ketika saya mencoba akses lewat console keluar tampilan sebagai berikut (dimana saya mencoba memasukkan password namun tidak bisa)


Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan cara melakukan reset. Hal yang pertama dilakukan adalah matikan Router. Kemudian nyalakan kembali sambil menekan tombol Ctrl + Pause Break pada Laptop. Apabila laptop anda tidak ada tombol Pause Break, dapat menggunakan On-Screen Keyboard.

Saat masuk rommon ketikkan perintah berikut:

rommon 1 > confreg 0x2142
rommon 2 > reset


confreg 0x2142 berfungsi untuk membypass startup-config agar tidak terbaca oleh system. Setelah direset router akan masuk ke running-config dimana isinya adalah default. Untuk mengembalikan konfigurasi yang sebelumnya kita dapat mengetikkan perintah copy startup-config running-config. Nah setelah startup-config dicopy ke running-config barulah kita dapat melakukan override password.

Gambar berikut menunjukkan sudah masuk ke system konfigurasi Cisco IOS. 



Sebelum mengoverride password, copy terlebih dahulu startup-config ke running-config. Kemudian masukkan password yang baru.



Kemudian setelah mengganti password, ketikkan perintah berikut pada global configuration mode,

R1(config)#config-register 0x2102


config-register 0x2102 berfungsi untuk mengembalikan startup-config agar tidak terbypass pada saat booting, karena sebelumnya sudah dimasukkan confreg 0x2142.

Jangan lupa untuk mencopy kembali running-config ke startup-config agar setelah router direload atau direboot konfigurasi dan password yang sudah kita ganti tidak hilang.


Langkah terakhir adalah reboot router dengan mengetikkan perintah reload di priviled mode.

Summary:
  1. Start Router sambil tekan tombol Ctrl + Pause Break pada Laptop
  2. confreg 0x2142
  3. reset
  4. copy startup-config running-config
  5. Override password (masukkan password baru)
  6. config-register 0x2102
  7. copy running-config startup-config
  8. reload

0 comments

Post a Comment