Peringkat 10 Terbaik Fakultas Kedokteran Indonesia

Survei ini dimaksudkan untuk mengetahui peringkat perguruan tinggi pada masing-masing program studi, sehingga diharapkan para pembaca terutama pada calon mahasiswa maupun orang tua yang memiliki anak yang hendak memasuki PT memiliki pengetahuan yang cukup mengenai perguruan yang akan dipilih.


Dalam survei ini, yang menjadi responden adalah para ketua program studi. Mereka dipilih karena telah mengenal serta memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai program studi yang dipimpinnya.

METODOLOGI


Berdasarkan survei yang dilakukan PDAT, Pusat Data Analisa Tempo dari bulan Januari sampai Februari 2007, sebanyak 183 ketua program studi dari 9 jenis Prodi mengembalikan kuesioner yang dikirimkan. Program studi itu diantaranya Akutansi, Hukum, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Manajemen, Sastra Inggris, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Informatika.


Dalam survei ini masing-masing responden memilih 10 PT terbaik berdasarkan jenis Prodi. Disamping itu para responden mengisi data-data akademik prodi yang mereka pimpin.Untuk mendapatkan peringkat PT terbaik digunakan metode analisi pemeringkatan thurstone. Pengukuran diambil dari peringkat PT yang disebut responden dari peringkat 1 (terbaik pertama) sampai peringkat 10 (terbaik ke-10). Dengan metode ini dapat dilihat bagaimana perguruan yang satu memperoleh peringkat lebih tinggi dibandingkan PT lainnya.


TEMUAN KUNCI


Sebagian besar PT yang masuk the Best Top 10, adalah PTN serta PT yang berada di Jawa, sebanyak 61% dari PT yang masuk urutan 10 besar berstatus negeri dan 90% berada di Jawa.



TOP PRODI KEDOKTERAN



1. UI (BHMN) – Jakarta

2. UGM (BHMN) – Yogyakarta

3. UNAIR (BHMN) – Surabaya

4. UNPAD (Negeri) – Bandung

5. UNDIP (Negeri) – Semarang

6. UNHAS (Negeri) – Makkasar

7. USU (BHMN) – Medan

8. TRISAKTI (Swasta) – Jakarta

9. UNSRI (Negeri) – Palembang

10. UDAYANA (Negeri) – Denpasar

11. ATMAJAYA (Swasta) – Jakarta

12. ANDALAS (Negeri) – Padang

13.UNIBRAW (Negeri) – Malang

14.Maratha (Swasta) – Bandung

15. UNS (Negeri) – Surakarta



SUMBER : www.pdat.co.id

2 comments

Unknown January 25, 2015 at 8:35 AM

Kalau urutan bawah universitas mana aja?

Toni Saputro February 18, 2015 at 10:06 PM

Kurang tau gan, itu artikel lama. Mungkin untuk sekarang udah ada perbedaam

Post a Comment