Pengaruh Teman Terhadap Prestasi Anak

Memiliki banyak sahabat di sekolah berpengaruh terhadap prestasi si anak. Hasil riset yang publikasikan Journal of Research of Adolensce.



Banyak Teman Bikin Anak Makin Pintar
Penelitian mengungkap, siswa yang memiliki banyak teman di sekolah memiliki rata-rata nilai yang tinggi ketimbang pelajar yang memiliki sedikit teman.

Peneliti dan Psikolog dari Willamette University mengungkap dari hasil riset yang melibatkan kelompok remaja, individu yang memiliki banyak teman di grup dan di luar grup itu mencatat nilai rata-rata tinggi.
Hal itu dikarenakan, teman-teman di sekolah cenderung berorientasi prestasi dan mendukung kegiatan yang menunjang prestasi tersebut.

"Keberadaan pola persahabatan penting untuk memenuhi kebutuhan sosial remaja 'dan mereka tidak melulu menggangu prestasi siswa. Persahabatan yang terbentuk di luar sekolah, seperti di kelas tambahan juga berkontribusi terhadap prestasi seseorang," tukasnya seperti dikutip dari healthday, Kamis (10/6).

Meski begitu, kata Witkow, hasil riset tidak bermaksud mengatakan teman-teman dari luar sekolah tidak menguntungkan.

Sebelumnya, peneliti melibatkan 629 siswa kelas 12 yang diberikan kuasioner dan diharuskan melaporkan segenap aktivitas seperti waktu belajar, bermain dengan teman sekolah dan teman di luar sekolah.
( sumber : di sini)

0 comments

Post a Comment