Sekilas Walisongo


Sebagaimana kita ketahui, bahwa dalam penyiaran dan penyebaran agama Islam di Jawa pada dahulu dipelopori oleh para mubaligh Islam yang lebih dikenal dengan sebutan "wali". Adapun pada wali ini jumlahnya ada sembilan yang dianggap merupakan kepala kelompok dari sejumlah besar mubaligh-mubaligh Islam yang bertugas mengadakan operasi di daerah-daerah yang belum memeluk agama Islam. Mengenai nama-nama dari para Wali Sanga yang umum dikenal dikalangan masyarakat sekarang adalah terdiri dari :“maulana_malik_ibrahim” "sunan_ampel", "sunan_bonang", "sunan_giri", "sunan_drajat", "sunan_kalijaga", "sunan_kudus", "sunan_muria" dan "sunan_gunungjati".

Adapun yang mengatakan, bahwa Sunan Tembayat, Sunan Prawoto, Sunan Ngudung, Sunan Geseng, Sunan Benang, Sunan Mohoagung, "syekh_siti jenar", Syekh Subakir, Maulana Ishak dan lain-lain. Itu juga termasuk anggota dari kesembilan wali di Jawa. Akan tetapi yang popouler serta dikenal oleh umum ialah apa yang kita sebutkan diatas.

Mengenai daftar nama-nama dari anggota Wali Sanga ini para ahli sejarah sebetulnya masih berselisih paham, dan belum ada kesatuan pendapat. Akan tetapi oleh karena maksud kita disini bukanlah hendak menitik-beratkan kepada nama-nama ataupun silsilah mereka, melainkan kita disini lebih mengutamakan isi perjuangan dari para wali sanga tersebut diatas. Oleh sebab itu mengenai nama-nama dari pribadi wali sangat serta silsilahnya pada kesempatan ini tidak akan kita bahas secara mendalam.

Namun akan saya bahas pada posting berikutnya. :)

0 comments

Post a Comment