Wonderful Indonesia



Berbicara mengenai traveling, rasanya tidak cukup dengan melihat foto tentang obyek wisata atau sekedar medengarkan tentang keindahan tempat-tempat wisata dari orang lain. Bagi anda yang hobi traveling atau berjalan-jalan ria (termasuk saya... :D), tidak usah pergi jauh-jauh hingga ke luar negeri segala. Karena di negara kita pun sudah banyak tempat-tempat wisata yang nggak kalah menarik dibanding di luar negeri.

Dari Sabang sampai Merauke, terdapat ribuan obyek wisata yang bagus-bagus, yang dapat dijadikan tujuan wisata di akhir pekan atau di saat hari libur nasional.

Berikut, akan saya sampaikan beberapa informasi mengenai tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga anda.

  1. Danau Toba, Sumatra Utara


    Apabila Anda berkunjung ke Danau Toba, Anda mungkin heran karena mendapati danau ini lebih mirip lautan dibandingkan danau. Suasana yang adem dan menyegarkan, pemandangan yang indah dan memesona, dengan pegunungan yang mengelilingi daerah ini mungkin akan membuat Anda betah. Pulau Samosir terletak dengan megahnya di tengah-tengah pulau. Di tengah-tengah Samosir, masih ada danau lagi, yang menambah keunikan tempat wisata ini.

    Danau Toba berukuran sekitar 1700 meter persegi dengan kedalaman kurang lebih 450 meter. Terletak 906 meter di atas permukaan laut, tempat ini merupakan surga bagi banyak tumbuhan menarik. Beberapa orang yang menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di wilayah ini berkata bahwa Danau Toba membuat mereka melupakan semua masalah mereka--walaupun untuk sementara.

    Di wilayah Danau Toba umumnya bermukim suku Batak Toba. Danau Toba bisa dijangkau melalui 6 jam perjalanan darat. Sayangnya memang belum ada sarana transportasi lain yang bisa langsung ke Danau Toba.

    info lebih lanjut : www.budpar.go.id

  2. Pantai Senggigi, Lombok


    Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pantai Senggigi dan obyek wisata lainnya di Lombok, dapat mengunjungi situs ini, http://www.lombok-giliislands.com

  3. Gunung Bromo, Jawa Timur

    Taman Nasional Bromo-Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian 2392 m dari permukaan laut.

    Pegunungan Bromo-Semeru, merupakan pegunungan yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Kawasan wisata ini menjanjikan sebuah keindahan yang tak bisa anda temui di tempat lain. Dari puncak gunung berapi yang masih aktif ini, anda bisa menikmati hamparan lautan pasir seluas 10km persegi, dan menyaksikan kemegahan gunung Semeru yang menjulang menembus awan. Anda juga bisa menatap indahnya matahari beranjak keluar dari peraduannya.


    Selain menyaksikan keindahan panorama yang ditawarkan oleh Bromo-Semeru, apabila Anda datang di waktu yang tepat, maka Anda dapat menyaksikan Upacara Kesodo, yang diadakan oleh masyarakat Tengger. Upacara ini biasanya dimulai pada saat tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kesodo [ke-sepuluh] menurut penanggalan Jawa. Upacara Kesodo merupakan upacara untuk memohon panen yang berlimpah atau meminta tolak bala dan kesembuhan atas berbagai penyakit, yaitu dengan cara mempersembahkan sesaji dengan melemparkannya ke kawah Gunung Bromo. Saat prosesi berlangsung, masyarakat Tengger lainnya beramai-ramai menuruni tebing kawah dan sesaji yang dilemparkan ke dalam kawah, sebagai perlambang berkah dari Yang Maha Kuasa.

    untuk info kunjungi : wisatajatim.com atau www.eastjava.com (untuk obyek wisata di jawa timur)

  4. Taman Nasional Laut Karimun Jawa, Jawa Tengah


    Karimunjawa terletak di laut Jawa + 83 km dari kota Jepara menuju arah utara. Obyek ini merupakan kepulauan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut Karimunjawa. Luas daratan 7.120 Ha dengan pulau berjumlah 27 buah, namun yang berpenghuni hanya 5 buah. yaitu Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting.



    Dengan hamparan pemandangan di sela-sela pulau, pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dengan pohon kelapa. Terdapat 242 jenis ikan hias, serta 133 genera fauna akuatik. Dengan feri KMP Muria, Karimunjawa dapat ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam dari dermaga Jepara, dan dengan KMC Kartini 1 dapat ditempuh dalam waktu 3.5 jam dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

    untuk info karimun jawa : www.karimunjawa-islands.info atau info untuk obyek wisata jawa tengah : central-java-tourism.com


Karena cukup banyak tempat-tempat wisata di Indonesia, saya rasa cukup beberapa informasi saja yang bisa saya bagi untuk anda...:-). Kalau masih penasaran, silahkan kunjungi situs yang telah saya cantumkan atau bisa juga mencari sendiri di mbah gugel.hehe...

Pokoknya ayo kunjungi tempat wisata di tanah air kita.

Kenali Negerimu, Cintai Negerimu... INDONESIA

0 comments

Post a Comment