Tiga Protokol WAN yang Seharusnya Anda Tahu: HDLC, PPP and Frame Relay

Jika saya tanya kepada orang yang sudah bekerja sebagai karyawan, "Perusahaan anda terhubung ke internet kan?" (semua orang pasti menganggukan kepala sebagai isyarat jawaban iya). Jadi protokol WAN (Wide Area Network) apa yang anda gunakan untuk terhubung ke internet?. Kemungkinannya adalah, bahwa jika Anda memiliki leased line T1 ke Internet atau jaringan pribadi antar lokasi, anda menggunakan salah satu dari tiga Protokol WAN berikut: HDLC, PPP, atau Frame-relay.
Baiklah saya akan sharing dan membahas perbedaan dan persamaan dari protokol ini. Apabila ada saran atau tambahan dapat komen di post ini, namanya juga manusia pasti ada yang kurang... :)

Apa itu HDLC?

HDLC singkatan dari High-Level Data Link Control. Seperti dua protokol WAN lainnya yang disebutkan dalam postingan kali ini, HDLC adalah protokol layer 2. HDLC merupakan protokol sederhana yang digunakan untuk menghubungkan point ke point perangkat serial. Misalnya, anda memiliki point to point leased line yang menghubungkan dua lokasi, di dua kota yang berbeda. HDLC akan menjadi protokol dengan paling sedikit konfigurasi yang diperlukan untuk menghubungkan dua lokasi. HDLC akan berjalan di atas WAN, antara dua lokasi. Setiap router akan de-encapsulating HDLC dan di drop-off di LAN.


HDLC melakukan error correction, seperti halnya Ethernet. HDLC Versi Cisco sebenarnya eksklusif karena menambahkan Tipe protokol. Dengan demikian, Cisco HDLC hanya dapat bekerja dengan perangkat Cisco lainnya, tidak pada perangkat lain.

HDLC sebenarnya adalah protokol default pada semua interface serial Cisco. Jika anda melakukan show running-config pada router Cisco, interface serial anda (secara default) tidak akan memiliki enkapsulasi apapun. Hal ini karena mereka dikonfigurasi untuk default HDLC. Jika anda melakukan show interface serial 0/0, anda akan melihat bahwa anda sedang menjalankan HDLC. Berikut ini contohnya:


Apa itu PPP?

Anda mungkin pernah mendengar dari Point to Point Protocol (PPP) karena hampir sebagian besar PPP digunakan untuk setiap koneksi dial up ke Internet. PPP didokumentasikan dalam RFC 1661. PPP didasarkan pada HDLC dan sangat mirip. Keduanya bekerja dengan sangat baik untuk menghubungkan point to point leased line.

Perbedaan antara PPP dan HDLC adalah:
  1. PPP tidak eksklusif bila digunakan pada router Cisco
  2. PPP memiliki beberapa sub-protokol yang membuatnya berfungsi
  3. PPP mempunyai banyak fitur
Karena PPP memiliki begitu banyak fitur jaringan dial-up, PPP telah menjadi protokol jaringan dial up paling populer yang digunakan saat ini. Berikut adalah beberapa fitur jaringan dial-up yang ditawarkan:
  1. Kualitas Link quality management monitors dari link dial-up dan berapa banyak kesalahan yang telah diambil. Hal ini dapat membuat link menjadi down jika link tersebut menerima terlalu banyak kesalahan (errors).
  2. Multilink dapat menampilkan beberapa link PPP dial-up dan membatasinya agar menjadi satu fungsi.
  3. Otentikasi didukung dengan PAP dan CHAP. Protokol ini mengambil username dan password untuk memastikan bahwa anda diijinkan akses ke jaringan yang anda dial.
Untuk beralih dari HDLC ke PPP, pada router Cisco, gunakan perintah encapsulation ppp, seperti ini:
Setelah mengubah enkapsulasi ke ppp, saya mengetik ppp ? untuk melihat opsi-opsi PPP tersedia. Ada banyak pilihan PPP bila dibandingkan dengan HDLC. Daftar opsi PPP di layar hanya sebagian daftar dari apa yang tersedia. Apa itu Frame-Relay? Frame Relay adalah protokol layer 2 dan umumnya dikenal sebagai layanan dari carriers. Misalnya, orang akan berkata "Aku memerintahkan sirkuit frame-relay". Frame relay menciptakan jaringan pribadi melalui jaringan carrier. Hal ini dilakukan dengan sirkuit virtual permanen (PVC). Sebuah PVC adalah koneksi dari satu situs, untuk situs lain, melalui jaringan carrier. Rangkaian frame-relay dilakukan dengan memesan T1 atau pecahan T1 dari carrier. Selain itu, anda memesan sebuah port frame-relay, yang cocok dengan ukuran dari sirkuit yang anda pesan. Akhirnya, anda memesan PVC yang menghubungkan port frame relay anda ke port anda di dalam jaringan. Manfaat untuk frame-relay adalah:
  1. Kemampuan untuk memiliki sirkuit tunggal yang terhubung ke "frame relay cloud" dan mendapatkan akses ke semua situs (selama anda memiliki PVC). Karena jumlah lokasi yang terus tumbuh, anda akan menghemat lebih banyak uang, karena anda tidak memerlukan sirkuit sebanyak yang anda lakukan jika Anda mencoba untuk mengaitkan jaringan anda secara penuh dengan point to point leased line.
  2. Peningkatan pemulihan bencana, karena semua yang harus anda lakukan adalah memesan sirkuit tunggal ke cloud dan PVC. PVC untuk mendapatkan akses ke semua situs remote.
  3. Dengan menggunakan PVC, anda dapat merancang WAN Anda sesuai dengan keinginan. Artinya, anda menentukan situs apa yang memiliki koneksi langsung ke situs lain dan anda hanya membayar biaya bulanan PVC yang kecil untuk setiap koneksi.
Beberapa istilah lain yang harus anda ketahui tentang frame relay adalah:
  1. LMI = antarmuka lokal manajemen. LMI adalah protokol manajemen frame relay. LMI dikirim antara switch frame relay dan router untuk mengkomunikasikan apa yang DLCI sediakan dan jika ada kemacetan dalam jaringan.
    Some other terms you should know, concerning frame relay are:
  2. DLCI = Data Link Connection Identifier. Ini adalah nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap PVC dalam jaringan frame relay.
  3. CIR = Committed Information Rate atau tingkat komitmen informasi. CIR adalah jumlah bandwidth yang anda bayarkan untuk menjamin Anda akan menerima setiap PVC. Umumnya anda memiliki lebih sedikit CIR daripada anda miliki kecepatan port. Anda dapat, tentu saja, melebihkan CIR anda di atas untuk kecepatan port anda, tetapi trafik ditandai DE.
  4. DE = Discard Eligible. Trafik ditandai DE (yang berada di atas CIR anda) bisa dibuang oleh jaringan frame-relay jika ada kemacetan.
  5. FECN & BECN = Forward Cxplicit Congestion Notification & Backward Explicit Congestion Notification, adalah bit-bit di dalam paket LMI untuk mengingatkan perangkat frame-relay yang terdapat kemacetan dalam jaringan.

Kesimpulan akhir dari postingan ini adalah saya membahas tentang tiga protokol WAN yang berbeda, dan bahwa setiap administrator jaringan harus familiar dengan ketiganya. HDLC akan menjadi protokol yang paling umum digunakan untuk terhubung ke Internet tetapi tiga protokol WAN yang ditawarkan oleh operator, seperti enkapsulasi mungkin juga digunakan untuk terhubung ke Internet.

3 comments

AdibenhaComp January 25, 2015 at 9:19 PM

makasih artikelnya Mas, lumayan bisa nyesaiiin tugas Sekolah
http://adibenha.blogspot.com/

Unknown August 29, 2018 at 8:39 AM
This comment has been removed by the author.
Lutfi Fahroji November 7, 2018 at 10:07 AM

mas emang HDLC bekerja di Layer 2???

Post a Comment